Sosialisasi Peremajaan Tanaman Kelapa Sawit Pekebun Tahun 2018

Sosialisasi Peremajaan Tanaman Kelapa Sawit Pekebun Tahun 2018 dilaksanakan di Aula Wisma Pemda (Kantor Bupati Lama) jl. Oberlin Metar No 07 Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau.tujuan di selenggarakannya kegiatan ini adalah agar dalam pelaksanaan program peremajaan semua pihak berpegang teguh dengan ketentuan-ketentuan yang dipersyaratkan baik teknis maupun administrasi sehingga dalam pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan baik dan benar.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Pj. Bupati Pulang Pisau                           Ir. Hj. Sunarti, MM, juga di hadiri pejabat lainnya di antaranya adalah Ir. Suharyoso, M.P selaku Kepala UPT Balai Perlindungan Perkebunan dan Pengawasan Benih (BP3B) Dinas Perkebunan provinsi Kalimantan Tengah, Asisten II Setda Kabupaten Pulang Pisau Ir. Tiswanda dan  Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau Ir. Slamet Untung Riyanto.

Peserta Sosialisasi Peremajaan Tanaman Kelapa Sawit Pekebun Tahun 2018 adalah Camat SeKabupaten Pulang Pisau, Kepala BPP/BP3K se Pulang Pisau, petugas pendamping, kepala desa dan kelompok tani calon penerima manfaat.

Perkembangan tanaman kelapa sawit rakyat di Kabupaten Pulang Pisau beberapa tahun terakhir ini cukup signifikan dimana data pada tahun 2017 terdapat seluas 4.163 Ha, bertambah 1.210 ha di bandingkan tahun sebelumnya seluas 2.953 Ha dengan produksi 4.499 ton (CPO). namun juga terdapat beberapa masalah yang di alami pekebun diantaranya tanaman sawit yang tidak berbuah dan produksinya rendah.

Sesuai daur umur teknis tanaman kelapa sawit setelah berumur 25 tahun perlu diremajakan,. selain itu, tanaman swadaya yang menggunakan benih tidak unggul (illegitim) meskipun belum berumur 25 tahun dengan produksi kurang dari 10 ton/ha/tahun juga perlu diremajakan.

Penerima manfaat peremajaan kelapa sawit pekebun pada tahun 2017 adalah 3 kabupaten salah satunya kabupaten Pulang Pisau yaitu 2 kelompok tani di Kecamatan Kahayan Hilir, 1 gapoktan di Kecamatan Maliku dan 1 Koperasi di Kecamatan Sebangau Kuala, sedangkan pada tahun 2018 ini untuk kabupaten Pulang pisau yang memasukkan proposalnya ada 19 kelompok yang saat ini masih dalam tahap verifikasi.

Penggunaan dana peremajaan kelapa sawit melalui Badan Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) diberikan untuk (a). Biaya penanaman, pemeliharaan dan kegiatan untuk mendukung keberhasilan peremajaan, (b). biaya untuk mendukung kegiatan penyaluran dana peremajaan perkebunan kelapa sawit. (kusno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *